Japan Rail Times
Toyama-Left-Banner
Rail Travel

Hakuba di musim panas: Penuh berkah Alam dan petualangan indah

Pernahkah Anda mendengar tentang Hakuba (白馬)? Mereka yang menyukai olahraga musim dingin seperti ski dan snowboarding mungkin sudah mengenal Hakuba sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 1998. Setiap musim dingin, banyak pengunjung asing pergi ke Hakuba untuk melakukan olahraga musim dingin.

Terletak di bagian utara Prefektur Nagano (長野県), Hakuba terkenal sebagai destinasi utama musim dingin karena butiran saljunya yang indah. Meskipun demikian, Hakuba adalah tempat yang bisa dinikmati bahkan di musim bebas salju. Terutama selama musim panas, Hakuba menawarkan pemandangan pegunungan Alpen yang memukau dari seluruh desa. Banyaknya gondola dan lift di sekitar Hakuba membawa Anda lebih dekat ke Alam, dan membiarkan Anda mengalami pemandangan yang lebih luas dari ketinggian yang lebih tinggi. Namun, selain gondola dan lift, bersepeda dan mendaki juga merupakan cara yang bagus untuk menjelajahi daerah menawan ini selama musim panas, saat pegunungan yang megah mulai hidup kembali.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rencana perjalanan 3D2N ke Hakuba untuk musim panas, dan merekomendasikan beberapa tempat indah dan tempat makan lezat di sepanjang jalan!

Hari ke 1: Bepergian ke Hakuba dan Gunung Iwatake

Pemandangan Tiga Danau Nishina

Pemandangan Danau Aoki dari jendela kereta. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Untuk sampai ke Hakuba, kami bepergian dengan kereta di sepanjang Jalur JR Oito, dan menikmati pemandangan indah dari jendela kereta. Dari jendela kereta, Anda dapat melihat Tiga Danau Nishina (仁科三湖 Nishina sanko)—Danau Kisaki (木崎湖 Kisaki-ko), Danau Aoki (青木湖 Aoki-ko), dan Danau Nakatsuna (中綱湖 Nakatsuna- ko)—dan pegunungan Alpen Utara yang menakjubkan. Di Danau Aoki dan Danau Kizaki, terdapat tempat perkemahan di sepanjang danau, di mana Anda dapat menikmati aktivitas seperti stand up paddling (SUP) dan kano.

Tiba di Stasiun Hakuba

Pemandangan dari Stasiun Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Setelah keluar dari gerbang tiket, pemandangan pegunungan tinggi Hakuba menyambut kami. Setiap kali kami turun di Stasiun Hakuba, kami selalu sangat terkesan dengan kedekatannya dengan pegunungan tinggi.

Dikenal secara kolektif sebagai Hakuba Sanzan (白馬三山 tiga gunung Hakuba), tiga puncak Shirouma-dake (2,932m), Shakushi-dake (2,812m) dan Hakuba Yarigatake (2,903m) menyambut Anda saat Anda keluar dari stasiun. Sungguh menakjubkan bahwa pegunungan ini tingginya hampir 3km, namun tampak dekat dengan kita. Tidak ada stasiun lain yang seperti Stasiun Hakuba.

Ayo pergi ke Hakuba Iwatake Mountain Resort!

Pemandangan setelah turun dari gondola. (Kredit gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Perhentian pertama kami hari itu adalah Hakuba Iwatake Mountain Resort. Dari Stasiun Hakuba, kami naik shuttle bus ke kaki Gunung Iwatake, lalu naik gondola Noah ke Hakuba Iwatake Mountain Resort. Setelah turun dari gondola, Pegunungan Alpen Utara, yang masih memiliki sedikit salju yang tersisa di puncaknya, muncul di depan kami, dan kami diliputi oleh keindahan alam.

Tempat fotogenik. (Kredit gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Berasal dari New York, THE CITY BAKERY membuka toko pertamanya di Nagano di sini di Hakuba, dan hanya sedikit berjalan kaki dari puncak stasiun gondola. Toko roti itu spot yang sangat fotogenik, dan Anda bisa berfoto seperti di atas.

Pemandangan panorama dari HAKUBA MOUNTAIN HARBOUR. (Kredit gambar: Hakuba IWATAKE)

Namun, pemandangan paling menakjubkan menanti Anda di sisi lain toko roti, di mana terdapat teras untuk melihat pemandangan yang dikenal sebagai HAKUBA MOUNTAIN HARBOR. Di ketinggian 1,289m, teras menawarkan pemandangan panorama Alpen Utara dan pegunungan Hakuba yang mengesankan tanpa halangan.

Pemandangan menakjubkan di HAKUBA MOUNTAIN HARBOR di berbagai musim. (Kredit gambar: Hakuba IWATAKE)

Baru dibangun pada bulan Oktober 2018, teras ini memungkinkan Anda mendapatkan pemandangan pegunungan sekitarnya yang tak tertandingi, dari puncak yang tertutup salju di musim semi, hingga tanaman hijau subur di musim panas, hingga warna-warna hangat yang menyala-nyala di musim gugur, dan putih bersalju di musim dingin.

Makanan enak dan pemandangan indah. (Kredit gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Ada juga kursi dan meja di teras, jadi kami makan croissant sandwich dari THE CITY BAKERY untuk makan siang sambil memandangi pemandangan pegunungan Alpen Utara yang indah.

Muffin kayu manis dan coklat panas THE CITY BAKERY yang terkenal. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Tentu saja, kami juga harus mencoba item paling populer di toko roti: muffin kayu manis yang lezat dan tebal, coklat panas yang lembut. Tak perlu dikatakan lagi, keduanya lezat dan menyenangkan, dan tidak mengecewakan.

Menikmati buggy cruise. (Kredit gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Setelah makan siang, kami menikmati buggy cruise, dan sepenuhnya merasakan alam Iwatake. Gunung Iwatake menawarkan banyak aktivitas luar ruangan yang menyenangkan, yang sempurna untuk para pecandu adrenalin yang ingin menikmati pemandangan dengan cara yang lebih mendebarkan.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati di Gunung Iwatake. (Kredit gambar: Hakuba IWATAKE)

Selain naik buggy cruise, Anda juga dapat mencoba bersepeda gunung, mendaki berpemandu, mencoba rintangan setinggi 8–12m, dan banyak lagi. Bukan untuk yang lemah jantung, tambahan terbaru untuk rangkaian aktivitas adalah ayunan di mana Anda dapat menikmati panorama pegunungan. Ayunan tersebut dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada akhir Agustus, jadi kami tidak dapat mencobanya dalam perjalanan kami, tetapi tampaknya akan sangat menyenangkan!

Menenangkan diri di pondok kayu

Penginapan bergaya pondok kayu Reposer yang nyaman. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Untuk mencoba sesuatu yang istimewa, kami memilih untuk menginap di Reposer, akomodasi bergaya kabin kayu kuno. Hotel ini sebagian besar dibangun dari kayu, dan bahkan memiliki perapian asli yang menyala di musim dingin agar tamu tetap hangat! Interior kayu yang enak begitu nyaman, dan membuat kami merasa lebih dekat dengan alam. Dengan hanya enam kamar tamu, layanannya sangat intim, dan tinggal di sini benar-benar lambang dari kenyamanan.

Makan malam yang lezat. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Seperti banyak akomodasi lain di Hakuba, Reposer menyajikan hidangan makan malam bergaya Italia. Makan malam kami yang sangat lezat dan mengenyangkan terdiri dari berbagai macam makanan pembuka, sup minestrone, hidangan utama daging sapi, dan kue tar apel dengan es krim vanila untuk pencuci mulut. Makanan disiapkan dengan cermat oleh koki hotel, yang terkadang berbaur dengan para tamu di sela-sela hidangan. Restoran Reposer juga menyajikan makan malam a la carte untuk tamu yang tidak menginap, dan merupakan favorit di antara pengunjung yang sering berkunjung ke Hakuba.

Hari ke 2: Bersepeda di sekitar Hakuba

Bersepeda di sekitar desa Hakuba. (Kredit Gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Di hari kedua, kami menyewa e-bikes untuk bersepeda santai di sekitar desa Hakuba. Sepeda ini memiliki mesin kecil untuk membantu mengayuh, sehingga memudahkan untuk menaiki tanjakan. Setelah mendengar penjelasan petugas toko persewaan sepeda tentang cara mengendarai e-bike, kami berlatih sedikit dan mulai bersepeda.

Rasanya sangat menyenangkan saat mengendarai sepeda di bawah sinar matahari pagi. Ada kursus bersepeda yang didirikan di Hakuba — jika Anda mengikuti tanda sepeda dalam urutan angka, Anda tidak akan tersesat!

Beberapa makanan ringan untuk mengisi bahan bakar kami saat kami bersepeda di sekitar Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Di sekitar Hakuba ada banyak kafe dan toko roti kuno, jadi kami mengunjungi beberapa untuk mengisi perut dan mengisi ulang tenaga di sepanjang rute. Kami akhirnya mendapatkan roti dari koubo-nikki, kopi dari Satoru Coffee, dan takoyaki dari Pochi-no-takoyaki.

Pemandangan indah di Oide Park (大出公園)

Jembatan Gantung Oide (kiri) dan pemandangan di Taman Oide di musim panas (kanan atas) dan musim semi (kanan bawah). (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Selanjutnya, kami mengunjungi Oide Park (大出公園 О̄ide Kо̄en), sebuah taman indah di mana Anda dapat memandangi pemandangan seperti dongeng yang terlihat seperti keluar dari lukisan! Lihat saja pemandangan itu! Pemandangan seperti ini adalah salah satu alasan mengapa kami merasa bahwa musim panas adalah musim terbaik untuk menikmati Hakuba.

Pemandangan taman sangat memesona di musim semi, saat Anda dapat melihat bunga sakura dengan latar belakang pegunungan yang tertutup salju, dengan Sungai Hime (姫川 Himegawa) mengalir di latar depan. Juga di Taman Oide adalah Jembatan Gantung Oide (大出吊り橋 О̄ide Tsuribashi), jembatan gantung kayu dan salah satu daya tarik taman ini.

Lunch at Kappatei (かっぱ亭)

Menunggu makan siang. (Kredit Gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Setelah mengunjungi taman, kami makan siang di Kappatei (かっぱ亭), sebuah kafe rumah tua di dekat jembatan gantung. Kafe ini adalah rumah tua berusia 100 tahun yang telah direnovasi, dan suasana tokonya sangat bagus. Di Kappatei, Anda dapat menikmati bahan-bahan lokal dari Hakuba seperti babi Shinshu Ginjo (信州吟醸豚) dan salmon Shinshu (信州サーモン). Kami memilih salmon Shinshu, dan itu sangat lezat.

Setelah makan siang salmon Shinshu yang lezat, kami kembali naik e-bike dan melanjutkan bersepeda menuju pemberhentian berikutnya, Jembatan Matsukawa, untuk melihat pemandangan Sungai Matsu.

Pendinginan di Sungai Matsu (松川)

Pemandangan Sungai Matsu dari Jembatan Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Mengalir langsung dari Hakuba Daisekkei Snow Gorge (白馬大雪渓 Hakuba Daisekkei), Sungai Matsu yang biru cemerlang (松川 Matsukawa) menawarkan pemandangan yang fantastis dan air yang sejuk untuk mengalahkan panasnya musim panas. Untuk mengambil foto terbaik Sungai Matsu, kami merekomendasikan untuk pergi ke Jembatan Matsukawa (松川大橋 Matsukawa О̄hashi) atau Jembatan Hakuba (白馬大橋 Hakuba О̄hashi).

Dalam perjalanan dari Jembatan Matsukawa ke Jembatan Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Tip: bersepeda di sepanjang sungai saat bepergian di antara dua jembatan. Pemandangannya luar biasa, dan perasaan sejuk udara mengalir melewati wajah kami saat kami bersepeda sangat menyegarkan. Jalannya sedikit menanjak, tetapi e-bike membuatnya lebih mudah untuk mengayuh!

Saat kami bersepeda, puncak Hakuba Sanzan yang menakjubkan memanggil kami. Sungguh menakjubkan bagaimana tiga puncak Shirouma-dake (2,932m), Shakushi-dake (2,812m) dan Hakuba Yarigatake (2,903m)—yang secara kolektif dikenal sebagai Hakuba Sanzan (白馬三山 tiga gunung Hakuba)—muncul begitu dekat dengan kami. Meski sudah musim panas, masih ada sedikit salju yang tersisa di puncaknya.

Berendam air dingin di Sungai Matsu. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Selain menikmati pemandangan sungai yang sempurna dengan latar belakang pegunungan yang megah, mengapa tidak juga berenang di air yang sejuk dan jernih untuk menyegarkan diri di hari musim panas yang terik? Kunjungi Taman Matsukawa Kasen (松川河川公園 Matsukawa Kasen Kо̄en) untuk berendam di sungai. Taman ini berada tepat di sebelah Jembatan Hakuba. Meskipun kami lelah setelah setengah hari makan dan bersepeda, kami langsung merasa segar kembali setelah bermain-main di air Sungai Matsu yang sejuk.

Sandankoyo di Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Perjalanan kami ke Hakuba di musim panas, tetapi kami pasti ingin kembali lagi di musim gugur untuk melihat sandankoyo. Di musim gugur, ada fenomena indah yang dikenal sebagai sandankо̄yо̄ (三段紅葉 tiga lapis warna musim gugur). Biasanya salju mulai turun lebih awal di puncak pegunungan tinggi, tetapi pegunungan bawah di dekatnya masih mengembangkan warna musim gugur, sementara permukaan tanah masih hijau. Jika ini terjadi, Anda dapat melihat tiga lapisan warna: putih, oranye, dan hijau.

Hakuba Ski Jumping Stadium (白馬ジャンプ台)

Bersepeda menuju Hakuba Ski Jumping Stadium. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Setelah mendinginkan diri di Sungai Matsu, kami menuju ke Hakuba Ski Jumping Stadium (白馬ジャンプ台 Hakuba Janpu-dai). Tidak ada masalah saat bersepeda di sepanjang rute tanjakan dari Jembatan Hakuba ke stadion karena e-bike sewaan kami yang terpercaya! Rute ini dipenuhi dengan tanaman hijau subur, dan kami dapat menikmati pegunungan Hakuba yang menjulang tinggi di depan kami saat kami bersepeda.

Segera, kami bisa melihat stadion di kejauhan. Hakuba Ski Jumping Stadium digunakan pada Olimpiade Musim Dingin Nagano 1998, dan memiliki dua bukit lompat pada ketinggian 90m dan 120m.

Hakuba Ski Jumping Stadium. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh (kiri) dan Akio Kobori (kanan))

Dengan sedikit biaya, Anda bahkan dapat pergi ke puncak ski jumping hills dengan kursi gantung dan lift. Ini sangat tinggi, dan jelas bukan untuk siapa pun yang takut ketinggian. Dari atas, Anda dapat merasakan apa yang dilihat para atlet saat mereka bersiap untuk melompat. Melihat ketinggian bukit, kami bertanya-tanya, bagaimana para atlet melakukannya? Apakah mereka memiliki saraf baja?

Bersantai di footbath

Salah satu tempat footbath yang meremajakan di sekitar Hakuba. (Kredit Gambar: JR East / Yuya Kumazaki)

Akhirnya, setelah seharian menjelajah, kami beristirahat di salah satu dari banyak footbath (足 湯 ashiyu) di sekitar Hakuba untuk menyembuhkan kelelahan kami. Ada banyak tempat footbath yang tersebar di seluruh desa, dan sebagian besar dapat digunakan secara gratis. Beberapa bahkan memberikan pemandangan pegunungan sekitar yang bagus.

Peta rute bersepeda kami. Diadaptasi dari Peta bersepeda Hakuba yang diterbitkan oleh Tourism Commission of Hakuba Village.

Di atas adalah peta untuk rute bersepeda kami untuk Hari 2. Kami memulai dan berakhir di Pusat Informasi Happo (八方インフォメーションセンター Happо̄ Infomēshon Sentā), di mana kami menyewa e-bike kami.

Rute:
Pusat Informasi Happo → ① koubo-nikki (toko roti) → ② satoru coffee → ③ Pochi no Takoyaki → ④ Oide Park / Oide Suspension Bridge → ⑤ Kappatei (makan siang) → ⑥ Matsukawa Bridge → ⑦ Hakuba Bridge / Matsukawa Kasen Park → ⑧ Hakuba Ski Jumping Stadium → Pusat Informasi Happo

Hari ke 3: Pemandangan gunung yang lebih indah

Morgenrot ajaib

Pemandangan morgenrot di Pegunungan Alpen Utara dari hotel. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Lelah seharian bersepeda, kami tidur seperti batang kayu malam itu. Namun rasa lelah kami tidak berhenti dari bangun pagi untuk mengejar matahari terbit. Dengan langit cerah di pagi hari ke-3, kami cukup beruntung untuk menyaksikan fenomena magis yang dikenal sebagai morgenrot (モルゲンロート morugenrо̄ to).

Berasal dari kata Jerman untuk "pagi" (morgen) dan "merah" (rot), morgenrot terjadi ketika matahari terbit dan mengeluarkan semburat kemerahan di puncak pegunungan. Sangat indah ketika ada salju di puncak (untuk lebih memamerkan semburat merah), tetapi masih merupakan pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat di musim panas.

Pemandangan pagi dari Pegunungan Alpen Utara. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Semua dari enam kamar tamu Reposer menghadap ke pegunungan, dan Anda bisa mendapatkan pemandangan pegunungan Alpen Utara, termasuk Hakuba Sanzan, langsung dari tempat tidur Anda. Udara pagi sangat jernih dan segar, jadi kami menghabiskan waktu hanya dengan berjalan-jalan di sekitar hotel — untuk memandang kemegahan pegunungan dan menikmati kedamaian. Itu merupakan perasaan yang luar biasa untuk bangun dengan udara pegunungan yang segar dan pemandangan alpen yang luar biasa. Kedekatan Hakuba dengan pegunungan tidak pernah berhenti membuat kami takjub!

Kitaone Highland (北尾根高原)

Menikmati Kitaone Highland di musim panas. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Setelah sarapan ala Barat yang mewah, kami naik Kitaone Quad Lift ke Kitaone Highland (北尾根高原 Kitaone-Kо̄gen). Di ketinggian 1,200m, Kitaone Highland memiliki teras yang menawarkan pemandangan indah dari puncak sekitarnya dan lembah di bawahnya.

Matahari terbit yang spektakuler dari Kitaone Highland. (Kredit gambar: 八方尾根開発(株))

Jika Anda datang pada akhir pekan, kami sangat merekomendasikan mengunjungi Kitaone Highland saat matahari terbit untuk pemandangan yang fenomenal! Kami datang pada hari kerja jadi kami tidak dapat memeriksanya, tetapi selama akhir pekan musim panas dan musim gugur, ada tur matahari terbit yang disebut Morgenrot Goraiko Tour (モルゲンロートご来光ツアー) —untuk melihat goraikо̄ (ご来光 matahari terbit dari gunung).

Morgenrot ajaib dari Kitaone Highland. (Kredit gambar: 八方尾根開発 (株))

Jika kondisi cuaca tepat, Anda juga bisa melihat morgenrot dari Kitaone Highland. Pemandangan morgenrot menjadi semakin indah saat gambar dipantulkan di kolam yang diam. Matahari terbit di sini biasanya sekitar pukul 4: 30–5:00, dan Kitaone Quad Lift akan beroperasi agar sesuai dengan waktu tur.

Morgenrot Goraiko Tour di Kitaone Highland. (Kredit video: Hakuba Happo-one)

Reservasi diperlukan untuk mengikuti tur, yang harus dilakukan paling lambat pukul 16:00 sehari sebelumnya. Biaya tur ¥3,000 per orang, dan termasuk naik gondola pulang pergi, sarapan, serta penjemputan dan pengantaran di Pusat Informasi Happo. Jika tur perlu dibatalkan karena cuaca buruk yang akan datang, Anda akan dihubungi pada pukul 15:00 sehari sebelum tur. Lihat situs web di sini untuk informasi lebih lanjut (hanya dalam bahasa Jepang).

Menikmati alam di Kitaone Highland. (Kredit gambar: 八方尾根開発 (株))

Karena ketinggian tersebut, suhu di Kitaone Highland lebih dingin dibandingkan desa di bawahnya. Di sini, kami menikmati aktivitas menyenangkan seperti piknik, bersantai di tempat tidur gantung dan balkon pengamatan, dan mendaki — ada berbagai jalur yang sesuai untuk semua tingkat kebugaran. Bahkan ada footbath alkali yang menghadap ke puncak gunung, yang sangat santai dan memberikan pemandangan panorama pegunungan yang indah.

Mendaki ke Kolam Happo (八方池) dan sekitarnya

Kolam Happo yang indah. (Kredit gambar: Tourism Commission of Hakuba Village / JNTO)

Jika Anda sedikit lebih berani, bagaimana dengan mendaki ke Kolam Happo (八方池 Happо̄-ike)? Kolam yang indah sangat mempesona saat airnya tenang dan pegunungan yang megah tercermin dengan sempurna di dalamnya.

Dari Kitaone Highland, ada bus antar-jemput gratis ke Kurobishi Lift. Setelah mengambil Kurobishi # 3 Paired Lift ke Kurobishi-daira, pindah ke Grat Quad Lift. Kolam Happo berjarak 90 menit berjalan kaki dari puncak Grat Quad Lift.

Atau, Anda juga dapat mengakses Kolam Happo melalui Happo Gondola Lift Adam → Alpen Quad Lift → Grad Quad Lift rute jika Anda tidak melalui Kitaone Highland.

Mendaki di sekitar Kolam Happo. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Cuaca pegunungan selalu berubah, jadi bersiaplah untuk hujan dan cerah. Kolam Happo berada 2,060m di atas permukaan laut, jadi pada hari-hari tertentu, Anda bahkan dapat melihat lautan awan (雲海 unkai) dari dekat. Meskipun pendakian ke Kolam Happo melibatkan pendakian di beberapa medan berbatu, hal ini masih dapat dilakukan bagi siapa saja yang memiliki kebugaran yang wajar. (Saya melihat banyak senior selama kunjungan saya!)

Menatap puncak Gunung Karamatsu. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Jika Anda suka mendaki dan memanjat, Anda bisa melanjutkan pendakian dari Kolam Happo ke puncak Gunung Karamatsu (唐松岳 Karamatsu-dake). Pendakian selama 3 jam ini jelas bukan untuk turis biasa, karena Anda akan membutuhkan sepatu panjat yang tepat dan perlengkapan cuaca basah untuk mencapai puncak 2,696m.

Pemandangan dari puncak Gunung Karamatsu. (Kredit gambar: JR East / Akio Kobori)

Berdiri di puncak gunung yang tinggi selalu membuat saya berpikir, bahwa semua masalah saya tampak begitu kecil dibandingkan dengan luasnya dunia. Meski pendakian ke Gunung Karamatsu bisa dilakukan sebagai perjalanan sehari jika Anda memulai lebih awal, Anda juga bisa bermalam di pondok gunung di atas untuk melihat goraiko keesokan paginya. Menyaksikan matahari terbit di atas awan adalah pemandangan yang sangat menawan. Jika cuaca cerah, pemandangan goraiko yang cantik pasti akan terukir dalam ingatan Anda.

Pondok gunung di Gunung Karamatsu ini juga terbuka untuk pengunjung wisata harian, dan Anda dapat mampir untuk beristirahat atau menikmati makan. Menyeruput minuman dingin setelah lama mendaki adalah perasaan yang menyegarkan, dan seperti hadiah setelah hari yang melelahkan untuk mendaki.

Akses ke Hakuba

Dengan begitu banyak pemandangan indah dan berbagai pengalaman menyenangkan, Hakuba adalah desa yang mempesona yang dengan cepat menjadi salah satu favorit kami. Jangan hanya mengasosiasikannya dengan musim dingin; kami sangat merekomendasikan kunjungan di musim panas bagi siapa saja yang mencintai alam dan alam bebas.

Bagian luar Stasiun JR Hakuba. (Kredit gambar: JR East / Akinori Ueno)

Hakuba mudah diakses dengan kereta dan bus dari Tokyo dan berbagai kota di sekitar Nagano:

Dari Stasiun JR Shinjuku (新宿駅):

• Kereta: sekitar 3 jam dengan jalur lokal
  • Bus: 1 jam

Resort View Furusato

Resort View Furusato dengan latar belakang Pegunungan Alpen Utara. (Kredit gambar: JR East)

Jika Anda bepergian ke Hakuba dari Nagano atau Matsumoto pada akhir pekan, lihat Resort View Furusato, Joyful Train yang menawarkan pemandangan panorama Pegunungan Alpen Utara Jepang saat melintasi sepanjang Jalur Oito yang sejajar dengan pegunungan ini. Dari jendela lebar kereta, nikmati pemandangan puncak yang menjulang tinggi, banyak di antaranya yang tingginya mendekati 3,000 m.

Aktivitas yang ditawarkan dalam satu perjalanan dengan Resort View Furusato. (Kredit gambar: JR East / Carissa Loh)

Sorotan dari kereta ini adalah segudang aktivitas menyenangkan di berbagai stasiun sepanjang perjalanan. Nikmati pemandangan dari atas ke Dataran Zenkoji di Stasiun Obasute (姨捨駅), jelajahi Kuil Hotaka dengan seorang gadis kuil di Stasiun Hotaka (穂高駅), nikmati beberapa makanan ringan dan minuman lokal di Stasiun Shinano-Omachi (信濃大町駅), dan banyak lagi.

Dari Stasiun Nagano, Resort View Furusato akan melewati Stasiun Matsumoto sebelum mencapai Stasiun Hakuba. Untuk tulisan yang lebih rinci tentang kereta ini, lihat artikel ini. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini. Tiket kereta sekali jalan untuk Resort View Furusato seharga ¥1,700 untuk Matsumoto ke Hakuba, dan ¥ 2,840 untuk Nagano ke Hakuba. Namun, gratis jika Anda menggunakan rail pass seperti JR EAST PASS (Nagano, Niigata area).

JR EAST PASS (Nagano, Niigata area)

JR EAST PASS (Nagano, Niigata area) baru dan area penggunaan. (Kredit gambar: JR East)

Jika Anda berpikir untuk mengunjungi Hakuba atau menjelajahi seluruh Prefektur Nagano, lihat JR EAST PASS (Nagano, Niigata area), tiket terjangkau yang menawarkan perjalanan kereta tak terbatas di jalur JR East (termasuk kereta peluru dan Joyful Train seperti Resort View Furusato) di area valid selama 5 hari berturut-turut. Hanya dengan ¥18,000, biayanya kurang dari perjalanan pulang-pergi antara Bandara Narita dan Hakuba (~¥21,000). Anda juga dapat membuat reservasi tempat duduk untuk kereta peluru, beberapa kereta ekspres terbatas, dan Joyful Train secara online dan gratis, hingga 1 bulan sebelumnya, di sini.

CATATAN: Mulai 1 April 2021, ada beberapa perubahan dalam masa berlaku dan harga JR EAST PASS (Nagano, Niigata area). Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di sini.

Kredit gambar header: 八方尾根開発(株)